Jadwal Kajian Berau

Jadwal Kajian Berau dan Jadwal Pelajaran Bahasa Arab di Berau

Berikut adalah informasi jadwal kajian Berau dan pelajaran bahasa Arab di Berau, Kalimantan Timur. Bagi Anda yang tinggal di Berau, khususnya Kecamatan Tanjung Redeb, silakan hadiri jadwal kajian berikut. Atau bantu sebarkan dan informasikan jadwal kajian Berau ini kepada saudara-saudara kita yang berdomisili di Berau, Kalimantan Timur.

Jadwal Kajian di Berau

1. Setiap Ahad jam 10.30 WITA. Tempat: Surau Miftahul Huda, Jl. Gunung Panjang, Gang Karomah, Tanjung Redeb, Berau. Materi: Keluarga Sakinah. Pemateri: Ustadz Muslam dari Ma’had Jamilurrohman, Yogyakarta, live via HP. Peserta: ikhwan dan akhwat.
2. Setiap Ahad ba’da Maghrib. Tempat bergantian antara Surau Baiturrahim, Jl. Stasiun 3, Teluk Bayur dan Surau Baitussalam, Jl. Poros Limunjan, Sambaliung, Berau. Materi: Akhlaq. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: KHUSUS ikhwan.
3. Setiap Senin, ba’da Maghrib. Tempat: Surau Miftahul Huda, Jl. Gunung Panjang, Gang Karomah, Tanjung Redeb, Berau. Materi: Keutamaan Menuntut Ilmu. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: ikhwan dan akhwat.
4. Setiap Selasa ba’da Maghrib. Tempat: Masjid At-Taubah, Jl. Gunung Panjang, Tanjung Redeb, Berau. Materi: Hadits Arba’in Nawawiyyah. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: KHUSUS ikhwan.
5. Setiap Selasa, pukul 09.00 s.d. 10.30 WITA. Tempat: Yayasan Imam Syafi’i, Jl. Gunung Panjang, Gang Sari Karya, Gunung Panjang, Tanjung Redeb, Berau. Materi: Fiqh Wanita. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: KHUSUS AKHWAT.
6. Setiap Rabu, ba’da Isya’. Tempat: Masjid Polres Berau, Jl. Pemuda, Tanjung Redeb, Berau, Materi: Ushuluts Tsalatsah. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: KHUSUS ikhwan.
7. Setiap Kamis, ba’da Maghrib. Tempat Masjid Baitussalam, Jl. H. Isa 3, Tanjung Redeb, Berau. Materi: Fiqh. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: ikhwan dan akhwat.
8. Setiap Jum’at, ba’da Maghrib. Tempat: Surau Miftahul Huda, Jl. Gunung Panjang, Gang Karomah, Tanjung Redeb, Berau. . Materi: Akhlaq. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: ikhwan dan akhwat.
9. Setiap Sabtu, jam 10.00-11.30 WITA. Tempat: Yayasan Imam Syafi’i, Jl. Gunung Panjang, Gang Sari Karya, Gunung Panjang, Tanjung Redeb, Berau. Materi: Aqidah. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: KHUSUS AKHWAT.
10. Setiap Sabtu, ba’da Maghrib. Tempat: Surau Nurul A’la, Jl. Murjani 2, Gang Lestari, Tanjung Redeb, Berau. Materi: Riyadhush Sholihin. Pemateri: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: KHUSUS ikhwan.

Contact Person untuk Jadwal Kajian Berau

Ikhwan: Akh Hadi (085386746044)
Akhwat: Ummu Nana (085386189926)

Pelajaran Bahasa Arab di Berau

Setiap Senin, Selasa dan Jum’at, ba’da Isya’ (20.00 s.d. 21.30 WITA). Tempat: Yayasan Imam Syafi’i, Jl. Gunung Panjang, Gang Sari Karya, Gunung Panjang, Tanjung Redeb, Berau. Pengajar: Ustadz Abdul Aziz. Peserta: khusus ikhwan.

Contact Person Pelajaran Bahasa Arab @ Berau

Akh Hadi: 085386746044

 

    • Syarif
    • Januari 7th, 2010

    Assalamu’alaikum,
    untuk malam kamis, harap di informasikan ta’lim via HP ole ustad Arif Syarifuddin, LC ( Islamic center bin Baaz, Yogyakarta) mualai jam 21.00 s.d 22 wita. Tahsin di bimbing oleh akh Jumadi jam 20.30 s.d 21. 00 wita.

    Syukron

    • Abu iqbal
    • Januari 21st, 2010

    Affan ana belum bisa aktif kegiatan taklimnya dan tidak mengurangi silaturahmi, insya Allah, dan do’akan luangkan waktu untuk ana, amiin

      • abu afifah
      • Februari 16th, 2010

      Assalamu’alaikum

      Ya akhi, di tunggu kehadiran antum . Syukron

    • Abu Luqman (Syahril)
    • Februari 17th, 2010

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

    Ikhwan fillah rohimakumullah,

    berdakwah adalah suatu amalan yang angung, yang diwajibkan bagi kita sekalian sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

    “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung.” [Ali Imran : 104]

    “Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik.” [An-Nahl : 125]

    “Dan serulah mereka ke (jalan) Rabbmu, dan janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Rabb.” [Al-Qashash : 87]

    “Katakanlah, ‘Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata.” [Yusuf : 108]

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :

    “Artinya : Barangsiapa yang menyeru kepada petunjuk, maka ia akan mendapatkan pahala sebanyak pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala mereka. Barangsiapa yang menyeru kepada kesesatan, maka ia akan menanggung dosa sebanyak dosa orang yang mengikutinya itu tanpa mengurangi sedikitpun dari dosa mereka” [Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim no. 2674]

    Dan masih banyak lagi dalil naqli yang mewajibkan kita untuk berdakwah atau menyeru manusia ke jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.
    Majlis malam kamis merupakan salah satu cara kita mengajak manusia kembali kepada agama islam yang benar yang sesuai dengan apa yang diamalkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya rodhiallahu ‘anhu jam’ian.

    Dengan menghadiri kajian-kajian yang telah ditentukan waktunya, maka insyaAllah ilmu kita akan bertambah. Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim sebagimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

    “Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah)”. (HR. Ibnu Majah) ) [Shohih Jami’ush Shoghir, Imam al Suyuti 5264].

    Oleh karena itu, hendaknya kita senantiasa menjaga keikhlasan dalam menuntut ilmu dan mau mengorbankan segala yang berharga, termasuk jiwa-raganya, dalam rangka mendapatkan ilmu tersebut.

    Hendaknya kita memanfaatkan waktu untuk menyibukkan diri dengan kegiatan keilmuan, karena ilmu tidak bisa didapatkan dengan berangan-angan atau tenggelam dalam kemalasan dan keterlenaan. Yahya bin Abu Katsir Al-Yamani berkata,
    “Ilmu tidak akan didapatkan dengan bersantai-santai” [1]

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    “Artinya : Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memberi kefahaman kepadanya dalam masalah agama” [Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari no.71 dan Muslim no. 1037]

    Nabi juga bersabda.
    “Artinya : Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memasukkan orang tersebut pada salah satu jalan menuju surga. Sesungguhnya malaikat mengatupkan sayapanya karena ridha kepada seluruh penuntut ilmu. Penghuni langit dan bumi, sampai ikan sekalipun yang ada di dalam air memohonkan ampun untuk seorang alim. Keutamaan seorang alim dibandingkan seorang ahli ibadah seperti keutamaan cahaya bulan purnama dibandingkan cahaya bintang-bintang. Para ulama adalah pewaris para nabi, namun mereka tidak mewariskan dinar maupun dirham. Mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambil ilmu tersebut sungguh ia telah mendapatkan bagian yang banyak dari warisan tersebut”
    [Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no. 6412. Hadits ini adalah hadits pertama yang disebutkannya dalam kitab Ar-Riqaq. Al-Bukhari juga menyebutkan dalam kitab tersebut sebuah atsar dari Ali bin Abi ]

    Semoga kita selalu diberi taufiq dankelapangan oleh Allah Azza wa Jalla dalam menuntu ilmu syar’i.

    Waallahu ‘alam bisshowab

    • abu afifah
    • Maret 5th, 2010

    Assalamu’alaikum

    Akh kita ada rencana, mulai pekan depan setiap hari ahad, malam senin jam 20.30 s.d 21.30 wita, tahsin bersama ustad Jumadi, bisa di tambahkan di jadwal ta’lim kita. syukron.

    Wassalamu’alaikum.

    Abu Afifah

    • ardi
    • April 7th, 2010

    Jadwal ta’lim ahad siang oleh ust Muslam rencana diganti jam 10.30 WITA mulai ahad 11 April 2010, sudah copy semua kah?

  1. Wow ….. Mantab ….. Ternyata banyak orang “Salafy” bergelimangan harta alias kaya ya ??? …. tapi alhamdulllah … kekayaan tersebut di gunakan untuk dakwah …. Kajian Dakwah Via HP bo’ … berapa biayanya kalo via HP ? bila murah .. ana pun mau mengadakan kajian Via HP di masjid tempat ana … salut ana … jazakallah khoir atas informasinya ……

    • Abu Luqman
    • Mei 7th, 2010

    Alhamdulillah, harta yang ada pada kami adalah titipan Allah Subhanallahu wa Ta’ala dan seyogyanya kita infaqkan sesuai apa yang di syari’atkan oleh Yang Maha Pemberi Rizki, dengan harapan mendapat keberkahan, amin.

    Insya Allah Kajian lewat HP morah koq, karena kami memanfaatkan tehknologi yang ada untuk kepentingan dakwah , sekarangkan banyak provider2 yang menawarkan paket murah (bukannya promosi ya seperti XL, AS dan IM3), mungkin antum bisa coba itu.

    ‘ala kulli hal, syukron atas apresiasinya di rumah maya kami.

    Abu Luqman

    • Syarif Hidayatullah
    • Mei 8th, 2010

    Bismillah

    Hari ini Insya Allah Kajian perdana Bahasa Arab…
    Insya Allah, kajian akan di rekam…, bagi yang berminat silahkan waktu ta’lim membawa flasdik dan dapat mengcopy, insya Allah. Semoga Istiqomah.

    • Abu Luqman
    • Mei 12th, 2010

    السلام عليكم ورحمة الله وبركات

    Akhi bagaimana tambahan jadwal Kajian Bahasa Arab..?? Jadikah 2 kali dalam seminggu….

  2. Wa’alaikumsalam warohmatullahiwabarokaatuh

    Untuk jadwal kajian sementara masih seminggu sekali akhi, untuk wacana 2kali dalam sepekan insyaAllah nanti kita bicarakan lagi…

    Syukron

    • Ardi
    • Mei 20th, 2010

    Assalamu’alaikum wa rohmatullah,
    Dari bbrapa ta’lim mlm kams, jd ingat kisah seorg syaikh yg ngajar aqdah/tauhid, stlah skian lama beliau ngetes murids dg 2 kasus plggran syariat. 1 ttg prbuatan mksiat/zina, 1 lagi ttg ksyrikan, trnyata murids syaikh tsb lbh mrspon kasus przinaan, shg syaikh putuskan utk ulang pljran dari awal lagi.
    Jadi bgmn skp kta dlm pljrn aqdah? Mmg materi aqdh agak krg mnrik dan trasa berat dibanding yg lain (spt saya prnah ingatkan pd waktu mau kaji al wajibat oleh ust Abu Isa, n akhirnya g lanjut), atau krn sbb lain spt tingkat pmbhsan materi yg trll tinggi, atau kndsi fisik yg tgj sisa2 pdhal materi aqdh butuh energi dan knstrsi yg lebih?
    Pdhal mslah aqdh sangat penting. Ya Allah, ttpkanlah hati2 kami utk sll istqomah di jalanMu, amin.

      • iwan
      • Mei 20th, 2010

      Wa’alaikumsalam warohmatullahiwabarokaatuh
      Gimana mau diselesaikan?…kalo saya pribadi bagusnya diselesaikan, setelah Al Wajibat dilanjutkan Tsalatsatul Ushul kemudian dilanjutkan kajian kitab Lum’atul I’tiqod…bagaimana? Atau mau ada waktu khusus, kayaknya sabtu pagi masih kosong…dan insyaAllah kondisinya masih segar…

    • Abu Luqman
    • Juni 3rd, 2010

    السلام عليكم ورحمة الله وبركات

    Sekedar informasi bahwa akan ada Tabligh Akbar dan Bedah Buku

    bersama Ustadz ABU UNAISAH ABDUL HAKIM bin AMIR ABDAT
    dengan tema MENGENAL EKONOMI ISLAM
    (merujuk kitab Al Masaa-il Jilid 07)

    Ahad, 30 Jumadil Tsani 1431 H / 13 JUNI 2010
    09.00 – jelang Dhuhur
    JAKARTA ISLAMIC CENTRE, Jakarta Utara

    Sub Bahasan :
    > Mengenal Ekonomi Islam
    > Nasihat kepada Pedagang
    > Hutang Piutang dalam Islam
    > Masalah Riba
    > Sumpah Bohong

    Informasi lebih lanjut
    0812.9030.267
    0812.1055.891
    0815.8863.543

    Diselenggarakan oleh TKIKA

    Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuhu

      • Abu Afifah
      • Juni 8th, 2010

      Kapan ya Di Berau ada dauroh semacam ini?

    • Abu Afifah
    • Juni 21st, 2010

    Assalamu’alaikum

    Bagi ikhwah yang ikut Bahasa Arab, InsyaAllah akan tambah waktunya menjadi sepekan dua kali pertemuan, yakni hari ahad dan kamis malam, tempat sama

    Syukron

    Wassalam

    • Abu Husain
    • November 6th, 2010

    Assalamu’alaikum,

    sehubungan dengan selesainya pembahasan kitab syarah ushul al iman, maka mulai pekan ini ta’lim akan membahas Hadist arba’in An Nawawiyah. Syukron

    • aliass
    • Desember 12th, 2010

    Akh.. kalau kajian bahasa arab skg khan sudah berjalan nich.. aggaplah sudah jauh.. kita mau ikut bergabung iso engga.,…

    • Insya Allah bisa akhi….
      kebetulan materinya juga belum jauh…
      di tunggu kehadiran antum …

      Jazakallah khoir….

    • Abu Hanif
    • Desember 26th, 2010

    Alhamdulillah bertambah lagi jama’ah yang ikut ta’lim di Berau.Mudah-mudahan dakwah salaf di Berau semakin semarak dan tetap bersemangat untuk menghidupkan sunnah. Amin.

    • Abu Luqman
    • Desember 29th, 2010

    Alhamdulillah, mudah-mudahan Allah Ta’ala memudahkan jalan kita untuk menegakkan Al Qur’an dan Sunnah ‘ala fahmi sahabah, dan jangan lupa niat ikhlas kita semata-mata hanya karena Allah semata, quantitas tidak menghalangi dakwah kita.

    • Abu Afifah
    • Januari 2nd, 2011

    Assalamu’alaikum,

    sebagai informasi : Ta’lim Ustadz muslam, tiap hari ahad materi saat ini adalah Tauhid, dan hari ini (tanggal 26 Muharram 1432/ 2 jan 2011) alhamdulillah telah menyelesaikan bab Nadzar. untuk ta’lim rabu malam oleh Ustadz Arif Syarifuddin, LC, sampai hadist ke2 dari kitab hadist Arba’in Nawawiyah.

    Bagi pengunjung yang kebetulan berada di Berau, silahkan menghadiri ta’lim tersebut.

    Semoga Allah subhanahuwata’ala memudahkan kita. Amin

    Wassalamu’alaikum

    Abu Afifah

    • Alhamdulillah, ta’lim/kajian bermanhaj salaf di kabupaten Berau Kaltim ini semakin semarak…, alhamdulillah ada beberapa yang baru datang di berau menghubungi kami untuk mengikuti ta’lim tersebut.

      • Alhamdulillah, pada hari ahad tanggal 11 Shafar 1432 H (16 jan 2011), Ustadz Arif Syarifuddin, LC (Ma’had Islamic Center Bin Baz/ICBB) Yogyakarta berkunjung ke Berau, Bersama Bapak Ibnu Mas’ud dari PT Muhibbah Mulia Wisata (penyelenggara Haji dan Umrah) Pekan Baru Riau, alhamdulillah ikhwah berau dapat bertatap muka langsung dengan Ustadz Arif, yang selama ini mengiuti ta’lim Live via Hand Phone. Agenda kegiatan beliau selama di Berau sebagai berikut :

        Ta’lim untuk Akhwat, pada hari senin siang jam 14.00 – 15.30 Wita, bertempat di rumah salah satu ikhwan di Jalan Durian 3, tanjung Redeb.

        Ta’lim untuk umum di Masjid Kiani Nusantara, Makajang, Senin malam Jam 20.00 – 21.30 wita, alhamdulillah sambutan dari jama’ah masjid sangat antusias.

        Ta’lim ba’da Shubuh di Masjid Al-Ijtihad, komplek STIEM, Jln Murjani 2 Tanjung Redeb, Selasa tanggal 13 shafar 1232 H

        Selasa Siang Ustadz Arif kembali ke Jogjakarta.

        Kami ucapkan Jazakumullah khoiron kepada Ustadz Arif Syarifuddin dan Bapak Ibnu Mas’ud, semoga dapat berkunjung kembali ke Berau secara rutin dan juga kami di sini mengharapkan Ustadz – Ustadz ahlussunnah lainya untuk mengunjungi kami di Berau.

        Tidak lupa kami ucapkan jazakumullah khoiron atas partisipasinya kepada ikhwah tanjung Redeb dan Makajang.

        majlismalamkamis

  3. Assalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh,
    Alhamdulillah, smoga dakwah sunnah senantiasa Alloh mudahkan di manapun berada. Barokallohu fiik
    abu Ukasyah di ICBB-Yogya

  4. alhamdulillah, semoga kita selalu istoqamah dalam menuntut ilmu serta mengamalkannya.
    barokallahu fikum…tetap semangat ya.. ^^

    • Hidayat
    • Oktober 20th, 2011

    Tetap semangat! wahai para penuntut ilmu ….!
    Tetap tegar di dalam sunnah…!

    Barokallahufiikum

    • puji berau
    • Maret 14th, 2012

    bismillah..apakah benar pak ******** yang orng *** t mngjar bahasa arab nya

    • Belajar Bahasa Arab menggunakan kitab “durusulughoh al ‘arobiyyah lighoiri naatiqinabiha” oleh syaikh Dr V Abdur Raheem (jilid I), Universitas Islam Madinah, bersama Ustadz Hamzah Abbas Lc, Hafidhahullah -rekaman dari pelajaran bahasa arab radio Rodja.

  5. semoga kita semua tetap berjalan diatas kebenaran..

    • jeanu77
    • Mei 21st, 2013

    Assalamualaykum
    sekarang kajiannya masih aktif kah??

    • abuhusainalbarauwi@yahoo.com
    • Agustus 22nd, 2013

    Alhamdulillah, ta’lim di Berau sudah semakin semarak. semoga barokah. Amin.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s